Cari Blog Ini

Senin, 19 September 2011

kambing


memang hebat dari kambing inilah kami semua mendapatkan gelar sarjana peternakan (SPt). kambing merupakan ternak yang banyak diusahakan didesa-desa. di indonesia sendiri kambing sangat populer karena memiliki masa perkembang biakan yang cepat.

kambing beranak 3 kali dalam 2 tahun dengan masa bunting sekitar 150 - 154 hari. kambing bisa melahirkan sampai 2 - 3 ekor sekali melahirkan, dan kambing bisa dikawinkan saat umur sekitar 4 bulan. jenis-jenis kambing yang ada sangat beragam, kalau di indonesia yang paling terkenal adalah peranakan etawa atau sering disebut kambing PE. kambing ini merupakan kambing hasil persilangan antara kambing etawa (yang berasal dari india) dengan kambing kacang. kambing ini memiliki ciri-ciri memiliki tubuh dengan postur tinggi dan untuk kambing jantan gumba/pundak 90 – 110 cm dan betina 70 – 90 cm, telinga kambing terkulai kebawah (kalau kambing kacang tegak keatas) dengan panjang antara 25 - 40 cm, makanannya bermacam-macam mulai dari ramban, rumput bahkan sampai sampah organik rumah tangga. kambing ini banyak diambil susunya karena kambing peranakan etawa memiliki produksi susu sekitar 1 - 3 liter/hari. kambing ini juga sering dijadikan ternak potong karena rata-rata bobot badannya sekitar 45 - 90 kg.



kandungan susu kambing peranakan etawa adalah protein 3,7 %, lemak 4,1 %, gula 4,6 % dan mineral 0,80 %. susu kambing peranakan etawa memiliki beberapa khasiat antara lain Mencegah osteophorosis, Meningkatkan pertumbuhan dan kecerdasan anak, Membantu penyembuhan penyakit paru-paru (TBC, asma, flek) dan yang jelas menghilangkan haus karena susu kambing menyegarkan. susu kambing peranakan etawa juga cocok untuk orang yang alergi terhadap lemak susu sapi, hal ini disebabkan karena lemak susu kambing peranakan etawa memiliki tekstur yang lembut dan partikel lemak yang halus atau kecil sehingga dengan sifat-sifat itu susu kambing peranakan etawa mudah dicerna oleh tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar