Cari Blog Ini

Minggu, 18 September 2011

manfaat kersen (talok)



talok nama tanaman ini mungkin tidak asing lagi ditelinga kita,tanaman ini merupakan tanaman perdu yang bisa hidup di berbagai tempat, berbuah bulat kecil jika mateng buah berwarna merah,rasanya manis dan berpasir serta berbau khas yang sedap.

Kandungan talok setiap 100 gram talok terkandung : air (77,8 gram),protein (0,384 gram), Lemak (1,56 Gram), karbohidrat (17,9 gram), serat (4,6 gram), abu (1,14 gram), kalsium (124,6 mg), fosfor (84mg), Besi (1,18 mg), karoten (0,019g), tianin (0,065g), ribofalin (0,037g), niacin (0,554 g) dan kandungan vitamin C (80,5 mg) nilai energi yang dihasilkan adalah 380KJ/100 gram. sedangkan daun talok telah lama dimanfaatkan sebagai tanaman obat tradisional yang digunakan sebagai obat sakit kepala dan anti radang oleh masyarakat Peru.

Pada tanaman talok sudah banyak dilakukan penelitian-penelitian ilmiah yang menghasilkan data-data ilmiah tentang kandungan yang dihasilkan oleh tanaman ini diantaranya:

Antiseptik

Kandungan dan rebusan daun talok ternyata dapat berkasiat sebagai pembunuh microba berbahaya dan dapat digunakan sebagai anti septik. Dari penelitian yang dilakukan oleh penelitian herbal dari malaysia didapat hasil bahwa rebusan daun Kersen dapat digunakan untuk membunuh bakteri C.Diptheriea, S. Aureus, P Vulgaris, S Epidemidis dan K Rizhophil pada percobaan yang dilakukan secara invitro

Antiflamasi

Rebusan daun talok juga memiliki kasiat anti radang atau mengurangi radang (antiflamasi) dan juga menurunkan panas, ini data dari hasil penelitian dengan menggunakan hewan tikus sebagai objek penelitian.

Antitumor

Kandungan senyawa flavonoid yang dikandung daun talok ternyata memiliki kasiat dapat menghambat perkembangan sel kanker (mouse hapatoma) secara laboratoris yang dilakukan para ilmuwan dari peru

Penyembuh asam Urat

di Indonesia secara tradisional buah talok digunakan untuk mengobati asam urat dengan cara mengkonsumsi bauh kersen sebayak 9 butir 3 kali sehari hal ini terbukti dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit asam urat.

hebat dan murah,kenapa tidak dicoba? semoga bermanfaat



sumber : rusmianti.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar